Game engine adalah sebuah sistem perangkat lunak (software) yang dirancang untuk pembuatan dan pengembangan suatu video game. Game engine memberikan kemudahan dalam menciptakan konsep sebuah game yang akan di buat. Mulai dari sistem rendering, physics, arsitektur suara scripting, A.I, dan bahkan sistem networking. Game engine dapat dikatakan sebagai jiwa dari seluruh aspek sebuah game.
Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render ( “renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Proses pengembangan permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.
Sebuah game engine dibagi lagi menjadi dua bagian besar. Yaitu API dan SDK. API ( Applicaiton Programming Interfaces ) adalah bagian operating system, services dan libraries yang diperlukan untuk memanfaatkan beberapa feature yang diperlukan. Dalam hal ini contohnya DirectX. Sementara SDK adalah kumpulan dari libraries dan API yang sudah siap digunakan untuk memodifikasi program yang menggunakan operating system dan services yang sama.
Contoh Game Engine:

Cryengine V merupakan sebuah 3D game engine yang dapat digunakan untuk membangun game untuk Windows, Linux, PS4, dan Xbox One seperti game-game pada Oculus Rift. Game engine ini sebenarnya dikembangkan secara primer untuk memenuhi developer dalam membuat konten-konten dengan pengalaman Virtual Reality.
Evolusi terakhir dari Cryengine juga mengenalkan Cryengine marketplace. Fitur ini akan memudahkan developer untuk mengakses aset-aset dari library Crytek sendiri, seperti ribuan materi, suara, dan obyek 3D yang dikembangkan oleh komunitas Cryengine atau vendor lainnya.
Sumber:
No comments:
Post a Comment